kifarat

KIFARAT secara bahasa ialah tertutup atau terselubung, maksudnya hati seseorang sedang tertutup sehingga meniadakan Allah swt.  Atau menentang-Nya yang selanjutnya berani melakukan perbuatan maksiat. Dengan kata lain kifarat berarti denda atas pelanggaran terhadap larangan.

Sedangkan menurut istilah adalah tebusan atau denda yang wajib di bayarkan oleh seseorang karena telah melakukan perbuatan yang di larang oleh Allah.

                Macam-macam kifarat:

       a.            Kifarat karena pembunuhan. Kifarat ini harus memerdekakan hamba sahaya atau berpuasa dua bulan berturut-turut (QS.An-Nisa:92)

      b.            Kifarat karena melanggar sumpah. Kifarat in harus memberi makan 10 orang miskin atau memberi pakaian, memerdekakan deorang budak atau berpuasa 3 hari (QS.Al-Maidah)

       c.            Kifarat karena membunuh binatang buruan di waktu ihram. Kifarat ini harus dengan mengganti binatang ternak yang seimbang atau memberi makan orang miskin atau dengan berpuasa  (QS.Al-Maidah:85)

      d.            Kifarat karena dziar yaitu menyerupakan istrinya dengan ibunya (ibu suami). Misaalnya suami berkata “tanganmu kok seperti tangannya ibuku” maka suami wajib membayar kifarat sebelum menggauli istrinya. Kifaratnya adalah memerdekakan hamba sahaya atau berpuasa 2 bulan berturut-turut. Atau bisa juga memberi makanan 60 orang miskin (QS.Al-Mujadalah:3-4)

      e.            Kifarat karena melakukan hubungan badan suami istri di siang hari pada bulan Ramadhan, kifaratnya sama dengan dziar.

        f.            Kifarat Ila’ yaitu suami yang berjanji tidak akan menggauli istrinya selama waktu tertentu, maka kifaratnya adalah sama dengan kifarat melanggar sumpah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s